Selasa, 17 Desember 2013

Tahun Baru, 10.000 TNI/Polri Amankan Jakarta

Laporan: Rita Ayuningtyas, Senin, 16 Desember 2013 | 11:05 WIB, Metrotvnews.com, Jakarta: Tahun Baru 2014 segera tiba. Seperti tahun sebelumnya, konsentrasi perayaan pergantian tahun salah satunya berada di sepanjang Jalan MH Thamrin dan Jalan Medan Merdeka Selatan.

Untuk menjaga keamanan Ibu Kota, TNI/Polri mengerakkan lebih dari 10.000 ribu pesonelnya. "Sama-sama dengan (unsur) yang lain. Salah satunya beliau (Jokowi) meminta TNI. Turunkan 10.100 orang untuk pengamanan khusus tahun baru," ujar Wakil Kepala Kepolisian Daerah Brigjen Polisi Sudjarno di Balai Kota Jakarta, Senin (16/12).

Menurut dia, pengamanan akan difokuskan pada titik-titik yang menjadi konsentrasi massa. Misalnya Monas dan Bundaran Hotel Indonesia. Awalnya, Pemprov DKI ingin menggelar perayaan tahun baru hingga ke wilayah Blok M, Jakarta Selatan. Namun, kepolisian menyarankan agar hal tersebut tidak dilakukan. Pemprov pun masih mengkaji rencana tersebut.

"Iya. Saya kira bagus. Karena tahun kemarin yang Dukuh Atas ke sana tidak ada yang mewnonton," kata Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, dalam kesempatan yang sama. Sudjarno menambahkan pengamanan dilakukan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan warga. Oleh karena itu, pihaknya juga merekomendasikan sejumlah hal kepada Jokowi.

"Supaya masyarakat lebih nyaman, karena tahun lalu begitu padatnya. Kemudian, fasilitas kesehatan disiapkan agar mudah bergerak. Karena yang lalu agak sulit," jelas Sudjarno. (Bob & Editor: Prita Daneswari)